Pengertian Bionarasi dan Contohnya

toko buku kuliah
Bagikan

Seseorang dapat semakin diketahui atau dikenal melalui biodata dirinya. Biodata ini dapat dibuat oleh diri sendiri, maupun dibuat oleh orang lain yang mengenal orang tersebut. Selain dibuat oleh orang yang berbeda, biodata juga ada berbagai macam jenisnya. Salah satu jenis biodata adalah bionarasi.

Bionarasi adalah akronim dari dua kata, yaitu biodata dan narasi. Secara singkat, bionarasi merupakan biodata atau Riwayat hidup seseorang yang dituliskan dalam bentuk teks atau paragraf hingga membentuk sebuah narasi.

Penulisan bionarasi ini biasanya dilakukan oleh seorang penulis. Tujuannya adalah sebagai keterangan pada karya yang sudah dibuatnya, baik itu cerpen, puisi, atau novel.

Maka dari itu, bionarasi sangat penting bagi penulis maupun pembaca. Bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis atau menuliskan sebuah karya, berikut ini adalah berbagai penjelasan mengenai bionarasi.

Apa Itu Bionarasi

Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa bionarasi adalah akronim dari biodata dan narasi. Biodata diartikan sebagai riwayat, sedangkan narasi adalah teks yang menceritakan peristiwa atau kejadian secara detail dan kronologis, dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada pembacanya. Salah satu bentuk narasi ini dapat dituliskan menjadi sebuah biografi.

Berdasarkan dua pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bionarasi adalah biodata berupa riwayat hidup yang dituliskan dalam bentuk paragraf atau teks hingga berbentuk narasi atau cerita. Bionarasi biasa digunakan oleh penulis untuk menceritakan biodatanya, serta perjalanan singkatnya hingga menjadi seorang penulis.

Dalam sebuah karya tulis, bionarasi punya fungsi yang penting bagi penulis, yaitu:

  • Sebagai personal branding penulis.
  • Memberikan informasi mengenai penulis kepada pembaca.
  • Membuktikan sebuah karya memang dibuat oleh penulis tersebut.
  • Meningkatkan kepercayaan pembaca kepada penulis.

Bionarasi yang dibuat juga tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan bionarasi. Sehingga untuk menghasilkan bionarasi, cara yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

1. Pakai Sudut Pandang Orang Ketiga

Cara pertama dalam membuat bionarasi adalah menulisnya menggunakan sudut pandang orang ketiga, yaitu mengubah kata ‘saya’ menjadi ‘dia’ atau ‘ia’. Menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam penulisan bionarasi ini dimaksudkan agar penulisan biodata penulis tidak terkesan sombong. Sebab dalam bionarasi menuliskan biodata, hobi, pengalaman, pendidikan, hingga pencapaian yang dimiliki oleh penulis.

Menuliskan bionarasi dengan sudut pandang orang ketiga akan memperlihatkan bahwa penulis adalah sosok yang humble atau rendah hati, walaupun banyak prestasi yang sudah dicapainya. Hal ini juga akan membuat penulis dapat dijadikan sosok yang menginspirasi bagi pembaca.

2. Tidak Bertele-tele

Sebuah bionarasi sebaiknya dituliskan secara singkat, padat, dan jelas. Bionarasi sebaiknya berisi hal-hal penting yang dianggap mampu menjadi daya tarik bagi pembaca dan menjadi pengetahuan yang berguna bagi pembaca.

Selain itu, bionarasi sebaiknya berisi tentang pencapaian atau prestasi yang berhubungan dengan karya tulis yang dibuat oleh penulis. Menuliskan prestasi atau pencapaian yang berhubungan dengan karya tulis yang dibuat nantinya akan meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap penulis.

3. Jangan Terlalu Panjang

Bionarasi yang dituliskan dengan tidak bertele-tele ini artinya juga sebaiknya tidak dibuat menjadi terlalu panjang. Bionarasi yang terlalu panjang akan membuat pembacanya bosan. Sebaiknya, bionarasi berisi 50 sampai 100 kata, sehingga tidak terlalu pendek atau terlalu panjang.

4. Isi Bionarasi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam membuat bionarasi adalah isi dari bionarasi itu sendiri. Sebelumnya, sudah dituliskan jika sebuah bionarasi sebaiknya tidak bertele-tele dan tidak terlalu panjang. 

Sebuah bionarasi sebaiknya berisi:

  • Nama
  • Nama pena
  • Tempat, tanggal lahir
  • Prestasi
  • Cita-cita
  • Pendidikan
  • Akun media sosial, alamat email

Contoh Bionarasi Penulis yang Menarik

Berikut ini merupakan contoh penulis yang menarik bagi penulis cerpen, novel, buku ataupun yang lainnya.

1. Bionarasi Cerpen

Lisa Bella atau yang lebih sering disapa Lisbell merupakan seorang penulis muda kelahiran Bandung, 14 Oktober 1992. Menulis cerpen ternyata sudah menjadi hobinya sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Hobi menulis cerpen yang dimilikinya ini semakin berkembang ketika dirinya memasuki sekolah menengah pertama.

Daftar Open Reseller

Kala itu, Lisa Bella kerap menulis cerpen untuk majalah sekolah dan cerpennya diterbitkan pertama kali saat ia duduk di kelas 8 SMP, dengan judul Misteri Hilangnya Mahkota Raja. Lisa Bella memang menyukai tema-tema misteri, terutama tema detektif dalam penulisan cerpennya.

Sejak cerpen pertamanya diterbitkan di majalah sekolah, Lisa Bella mulai rajin mengirimkan cerpennya ke koran dan berbagai majalah anak-anak serta remaja. Hal ini kemudian membuat Lisa Bella tertarik untuk berkuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Saat ini, sudah lebih dari 30 cerpen detektif yang sudah ditulis oleh Lisa Bella. Selain itu, sudah ada dua buku kumpulan cerpen yang diterbitkan oleh Lisa Bella. Untuk menambah ilmunya di bidang bahasa, saat ini Lisa Bella juga sedang mengambil pendidikan lanjutan magister. Untuk mengetahui berbagai kegiatan dan cerpen baru yang ditulis Lisa Bella, bisa dilihat di akun Instagram @LisBell.

2. Bionarasi Puisi

Puisi menjadi salah satu karya sastra yang sudah sangat melekat di diri Satrio Anggara. Sejak masih kelas 4 SD, Angga, sapaan akrabnya sudah suka membaca berbagai puisi. Bahkan saat masih di kelas 6 SD, pria kelahiran 5 Agustus 1995 ini sudah mengikuti berbagai lomba penulisan puisi dan musikalisasi puisi.

Kegiatannya mengikuti lomba penulisan dan pembacaan puisi sempat terhenti saat Angga duduk di bangku SMP, karena ia pindah ke Belanda bersama keluarganya. Meski berada jauh di luar negeri, Angga yang baru saja lulus dari Universitas Indonesia ini tetap rajin menulis berbagai puisi.

Mulai memasuki tingkat SMA, Angga kembali ke Indonesia dan hobinya mengikuti lomba penulisan dan pembacaan puisi kembali dilakukannya. Hal ini berkat dukungan guru di sekolahnya saat itu. Hingga saat ini, sudah ada puluhan puisi yang ditulis oleh Angga. Berbagai koleksi puisi karyanya bisa dibaca di website pribadinya, www.poempoetics.com.

Ebook Panduan Jadi Reseller

3. Bionarasi Novel

Wirawan Migunani, atau yang sering dipanggil Migu adalah novelis kelahiran Semarang, 14 Januari 1992. Saat ini, Migu sudah menjadi salah satu penulis novel best seller di Indonesia, dengan novelnya yang berjudul Negara Sejuta Awan yang diterbitkannya pada 2019 silam.

Sebelum menjadi seorang novelis aktif, Migu adalah seorang guru Bahasa Inggris di sebuah SMP di Semarang. Kesukaannya pada Bahasa Inggris ini membuatnya memiliki keinginan untuk bisa menulis dan menerbitkan sebuah novel berbahasa Inggris, masih dengan tema fantasi.

Beberapa penulis favorit Migu adalah J.K. Rowling, Enid Blyton, hingga J.R.R Tolkien. Membaca berbagai karya penulis-penulis tersebut membantunya untuk mengembangkan imajinasinya dan menginspirasinya untuk menulis novel fantasi.

Saat ini, pria yang hobi bermain game action dan berkebun ini juga berprofesi sebagai seorang penerjemah dan sering menjadi pembicara di berbagai seminar, di sela-sela kegiatannya menulis novel.

Baca juga: Manfaat Membaca Novel

(Penulis: Tyas Wening)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :